Apa itu Point of Sale (POS) Restoran

yang perlu anda ketahui tentang POS Restoran

Apa itu sistem POS (Point of Sale) Restoran ?

Point of Sale atau biasa disingkat dengan POS merupakah sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan transaksi penjualan retail, seperti di restoran atau cafe misalnya. Umumnya sebuah sistem POS terdiri dari software and hardware lengkap seperti komputer, printer dan mesin kasir (cash register).

Namun kini komputer sudah bisa digantikan oleh tablet pintar, dan menggunakan sistem operasi Android yang lebih ringkas serta sudah tidak memerlukan kabel (wireless)

Berikut contoh  seperangkat Point of Sale , lengkap dengan tablet, cash register dan bill printer:
Odoo - Sample 1 for three columns

PC Desktop & Laptop

Menjalankan bisnis anda menggunakan PC atau laptop merupakan cara yang paling efisien dan fleksibel. Support USB Barcode Scanner, Dapat menggunakan printer thermal atau inkjet yang kompatibel dengan browser anda.

 

Odoo - Sample 2 for three columns

Tablet

Keuntungan dari menggunakan tablet adalah touchscreen, simple, flexible (bisa dipindah-pindahkan) dan tidak memakan tempat.

Odoo - Sample 3 for three columns

Mesin Industri

Tidak mudah rusak dan kuat, mesin industri touchscreen merupakah solusi yang sangat baik untuk toko dan restoran anda yang mempunyai banyak produk dan pelanggan.

Apa Keuntungan POS Restoran ?

1. Table Management and Floor Management

Odoo CMS - a big picture

Anda dapat dengan mudah mengkostumisasi layout restoran anda letak meja di masing-masing lantai, sehingga membantu anda dalam mengelola jumlah meja yang terisi dan tersedia, melacak pesanan berdasarkan nomor meja, dan memastikan pesanan sampai ke pelanggan yang benar.

Ketika pelanggan anda ragu dengan pesanannya anda dapat dengan mudah pindah ke orderan selanjutnya tanpa menghapus pesanan sebelumnya dan ketika order sudah selesai anda bisa langsung menemukan bill pelanggan anda dengan cepat sehingga membuat pelanggan anda senang.

2. Memudahkan komunikasi antara staf dapur dan pelayan

Odoo CMS - a big picture

Salah satu manfaat POS restoran adalah bahwa sistem ini menyederhanakan alur komunikasi antara dapur dan staf pelayan. Pesanan diunggah melalui komputer langsung ke printer dapur dan dicetak. Manfaat lain dari sistem POS restoran adalah bahwa sistem ini dapat melacak segala sesuatunya — mulai dari penggunaan bahan makanan hingga item menu yang paling populer.

3. Dapat digunakan baik online maupun offline

Odoo CMS - a big picture

Point of Sale tetap reliable saat anda online maupun offline, tidak perlu instalasi tambahan di sisi staf dapur maupun pelayan karna berbasis aplikasi Web dan koneksi internet hanya diperlukan pada saat memulai POS saja. Sistem POS masih tetap dapat beroperasi walaupun koneksi internet terputus.

4. Terintegrasi dengan Inventory

Odoo CMS - a big picture

Point of Sale Restoran terintegrasi dengan modul Inventory, sehingga jika ada pesanan melalui POS otomatis akan mengurangi stok pada inventory

5. Program Loyalitas Pelanggan Anda

Odoo CMS - a big picture

Program Loyalitas dan rewards memberikan pengalaman positif kepada pelanggan anda sehingga memungkinkan pelanggan anda berlangganan untuk datang kembali ke toko atau restoran anda.

5. Terintegrasi dengan modul lain seperti Accounting, Purchase, dll.

Odoo CMS - a big picture

Teritegrasi dengan modul-modul lain seperti Purchase, Inventory, Accounting, dll.

Kembangkan bisnis toko, cafe, dan restoran anda dengan POS Odoo.

Hubungi kami di 0821-1035-0461.