Jika anda adalah seorang distributor, mengelola produk-produk anda di gudang merupakan salah satu komponen penting dalam bisnis anda. Jumlah stok yang anda jual harus memenuhi kebutuhan pelanggan dan ditempatkan di lokasi yang tepat pada saat yang tepat sehingga anda dapat dengan mudah menjual produk anda kepada pelanggan anda.
Untuk melakukannnya anda butuh gambaran secara jelas tentang produk yang anda jual, berapa jumlah produk yang ada di gudang, dimana lokasi produk tersebut dan di gudang mana mereka berada, bagaimana history barang yang dibeli dari supplier dan yang telah dijual ke pelanggan anda.
Untuk mengoptimalisasi bisnis anda, anda butuh gambaran tentang penjualan anda. Berapa banyak jumlah produk yang telah terjual ke pelanggan anda dalam satuan minggu dan bulan ? anda tentu saja tidak mau kehabisan stok untuk produk-produk yang sering terjual, tetapi anda juga tidak mau mempunyai terlalu banyak stok karna menghabiskan uang anda atau akan memenuhi gudang anda. Dengan melihat statistik penjualan dan inventory anda dapat menentukan minimum stok yang ada di gudang kapan saja.
Jika bisnis anda kecil, mungkin anda bisa menghandle inventory anda dengan menggunakan software excel atau bahkan catatan di buku anda. Namun semakin anda berkembang dan semakin banyak stok yang bertambah di gudang, mempunyai sistem inventory merupakan solusinya.
Kami menawarkan sistem ERP yang cocok untuk perusahaan distribusi, bisa digunakan untuk menghandle kebutuhan yang sederhana sampai kebutuhan yang sangat kompleks. Contoh : Odoo inventory memungkinkan anda melakukan trace untuk barang yang akan datang dan keluar. Anda juga dapat mengidentifikasi stok di setiap warehouse anda sehingga anda punya stok yang cukup di lokasi yang tepat.
Untuk lebih kompleks lagi anda bisa mensetting reordering rules, dimana sistem otomatis akan membuat Request for Quotation (RFQ) sebelum dikonversi menjadi Purchase Order (PO) ketika stok di gudang mencapai level minimum.
Sistem inventory tersebut bisa anda diintegrasikan dengan modul-modul lain seperti Sales, Purchase, Invoicing dan Accounting sehingga akan sangat efisien dan efektif untuk usaha anda.
List Fitur yang biasa ditemukan di perusahan distribusi